KETERCAPAIAN STANDAR PROSES DALAM AKREDITASI TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMP DARUL FALAH BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.58988/jab.v2i1.14Keywords:
Process Standards, Quality of EducationAbstract
Mutu pendidikan sebuah lembaga pendidikan dapat terlihat dalam kelengkapan Instrumen akreditasi BAN SM pada standar proses yang terdiri dari 21 indikator, isi dari standar proses tersebut berbicara tentang peningkatan proses belajar mengajar dan pembelajaran. Pelaksanaannya untuk mengukur seberapa besar ketercapaian dari proses belajar mengajar dan kesiapan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengajaran. Melalui pendekatan penelitian kualitatif deskriftif dan pengolahan sumber data baik primer dan sekunder, yang kemudian diinterpretasikan dari pencapaian dokumen atau indikator standar proses. Hasil yang didapati dari akreditasi SMP Darul Falah Bandung Barat yang terfokus pada standar proses adalah Pertama Standart proses lebih terkait dengan keefektifan, efisiensi dan kreatifitas guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan pembelajaran, karena hal itu tersebut menjadi penentu mutu sebuah pendidikan. Kualitas guru untuk menjadi seorang pendidik yang profesional dalam segala bidang pada standar proses ini akan terdeteksi seberapa besar kemampuan mereka dalam menyiapkan segala sesuatuanya untuk terjun langsung mentransfer keilmuan, sikap dan bimbingaan. Kedua, peran serta dan dukungan antara sekolah dengan guru dalam mefasilitasi sarana prasarana pembelajaran menjadi penentu keberhasilan proses belajra mengajar. Ketiga, dibutuhkannya kemampuan guru dalam melakukan pengamatan sisi budaya dan lingkungan peserta didik sebagai landasan penyesuaian metode dan materi belajar. Keempat,hasil penilaian standar proses di SMP Darul Falah secara signifikan sudah tercapai, akan tetapi masih ada kekurangan-kekurangan diantara kurangnya kreatifitas guru dan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan memperhatikan karaktersitik siswa.
References
. Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).
. Aziz, A. (2015). Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1-13.
. Caughlan, S., & Jiang, H. (2014). Observation and teacher quality: Critical analysis of observational instruments in preservice teacher performance assessment. Journal of Teacher Education, 65(5), 375-388.
. Estlin, T. A., & Mooney, R. J. (1997, August). Learning to improve both efficiency and quality of planning. In IJCAI (pp. 1227-1233).
. Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
. Gazali, M. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 126-136.
. Hadis, A., & Nurhayati, B. (2012). Manajemen mutu pendidikan.
. https://123dok.com/document/yr3xpx7y-perangkat-akreditasi-smp-mts.html
. Hunt, D. E. (1971). Matching models in education: The coordination of teaching methods with student characteristics. Ontario Institute for Studies in Education, Monograph.
. Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 16-22.
. Mataputun, Y. (2020). Analisis pemenuhan standar nasional pendidikan dan permasalahannya. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 224-233.
. Permana, D. P. (2014). Analisis Kelayakan Standar Isi, Standar Proses, dan Standarpembiayaan Pendidikan Mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Dismk Negeri Se-kota Madya Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(02).
. Prihadi, B. (2014). Penerapan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013. House Traning Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 8 Kota Pekalongan, 4.
. Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim heritage, 2(2), 339-368.
. Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.Bagdâdi, J. bin M. al. (2010). al-Risâlah al-Qušairiyah. Pustaka Amani Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Al Burhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							


























