METODE STORY TELLING KISAH QUR’ANI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAQ

Authors

  • Mohammad Sabarudin Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58988/jab.v2i1.10

Keywords:

Story Telling, Qur’an Story, Character Building, Aqidah Akhlak

Abstract

Pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negeri kita. Krisis tersebut antara lain berupa pergaulan bebas, marangknya bullying, narkotika, porno aksi dan pornografi, sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Penerapan metode story telling kisah Qur’ani bisa dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang sangat baik digunakan dalam pendidikan Islam, khususnya dalam pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, pelaksanaan,penerapan, evaluasi serta implikasi terhadap perkembangan pembelajaran aqidah akhlak untuk pendidikan karakter.Metode pada penelitian ini menggunakan deskriptif analitik yang termasuk kedalam metodologi kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka.      

References

. Amaly, A. M., Muhammad, G., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Guru PAI dalam

Menghadapi Tantangan Era Millenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).

. Hasanah, Aan. (2013). Pendidikan Persfektif Karakter.Bandung:Insan Komunika

. Syawakh,Ali. (1995).Metodologi Pendidikan Alquran.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar

. Ali Syawakh Ishaq. (1995). Metodologi Pendidikan Al-Qur’an dan Sunnah, Terj. Asmu’i

Saliha Zakhsyari, Jakarta:Pustaka Al-Kautsar

. Al-Khalidy Shalah. (2000). Kisah-kisah Al-quran Pelajaran dari orang-orang

Dahulu.Jakarta: Gema Insani Press

. Danandjaja. (1986). Folklor Indonesia.Jakarta: Pustaka Graffiti

. Eyre, Linda. (1995). Mengajarkan nilai-nilai kepada Anak. (Terjemahan Alex Widodo).

Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

. Fartchur Rochman AR(1995). Kisah- kisah Nyata Dalam al-Qur’an. Surabaya: Apollo

. Hadari Nawawi. (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press

. Eyre, Linda, 1995. Mengajarkan nilai-nilai kepada Anak. (Terjemahan Alex

Widodo).Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

. Moeslichatoen. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka

Cipta

. Ratna Megawangi. (2007). Semua Berakar Pada Karakter, Jakarta: Lembaga Penerbit

FE-UI,

. Suharismi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta:RinekaCipta

. Sutrisno Hadi. (1986). Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada:

Zakiah

. Daradjat. (1982). Kepribadian Guru, Jakarta:Bulan Bintang,

. Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group

Published

2022-06-30

How to Cite

Sabarudin, M. (2022). METODE STORY TELLING KISAH QUR’ANI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAQ . Jurnal Al Burhan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.58988/jab.v2i1.10

Issue

Section

Articles

Citation Check