MODERNISASI DAKWAH MELALUI MEDIA PODCAST DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.58988/jab.v2i2.68Keywords:
Da'wah, Podcast, Digital AgeAbstract
ABSTRAK
Pelaksanaan dakwah menjadi lebih berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Di era digital ini perlu adanya metode baru agar dakwah tetap berjalan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai modernisasi melalui podcast di era digital. Metode penelitian ini yakni studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca serta mengumpulkan berbagai literatur dan referensi teori yang berhubungan dengan permasalahan penelitian dari berbagai sumber atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa modernisasi dakwah di era digital dapat dilaksanakan dengan media podcast. Media podcast menjadi alternatif dakwah di era digital ini. Podcast menjadi media yang praktis yang dapat digunakan kapanpun. Media podcast juga memiliki daya tarik bagi pendengar karena dapat diputar berulang kali dan juga praktis.
Kata Kunci : Dakwah, Podcast, Era Digital.
ABSTRACT
The implementation of da'wah becomes more developed along with the development of technology. In this digital era, there is a need for new methods so that da'wah continues to run optimally. The purpose of this research is to collect information about modernization through podcasts in the digital era. This research method is the study of literature. Data collection techniques are carried out by reading and collecting various literature and theoretical references related to research problems from various sources or research that has been done before. The results of this study explain that the modernization of da'wah in the digital era can be carried out with podcast media. Podcast media is an alternative to da'wah in this digital era. Podcasts are a practical medium that can be used anytime. Podcast media also has an attraction for listeners because it can be played repeatedly and is also practical.
Keyword: Da'wah, Podcast, Digital Era.
References
Atjeh, A.B. (1979). Beberapa Catatan Mengenai Dakwah Islam. Semarang: Ramadani.
Ahmad, A. (1983). Dakwah dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Prima Duta.
Arifin, M. (1994). Psikologi dakwah: suatu pengantar studi. Bumi Aksara.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Fabriar, S. R., Fitri, A. N., & Fathoni, A. (2022). Podcast?: Alternatif Media Dakwah Era Digital. Jurnal An-Nida, 14(1), 1–6.
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1).
Hardian, N. (2018). Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 42-52.
Hasmy, A. (1997). Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang.
Ihksan, A. (2009). Hadis-Hadis tentang Tujuan Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, . Retrieved from https://osf.io/mpk29/download/?format=pdf.
Jafar, I. (2010). Tujuan Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an Mempertajam Fokus dan Orientasi Dakwah Ilahi. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 34(2).
Mahmud, A. (2018). Dakwah Dalam AlquranSebagai Alat untuk Mencapai Tujuan Dakwah Islam. AL-ASAS, 1(2): 61–75.
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135.
MUSLEM, M. (2021). PODCAST SEBAGAI MEDIA DAKWAH ALTERNATIF DI ERA PADEMI COVID-19. TASÂMUH, 19(2), 197-210.
Noor, F. M. R. (1981). Dinamika dan akhlaq da'wah. PT. Bina Ilmu, Surabaya.
Rais, A. (1991). Cakrawala Islam.Bandung: Mizan.
Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(2), 210-234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Al Burhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.