PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMENUHAN FASILITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Wulansari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mohammad Fakry Gaffar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Aan Komariah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Suryadi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58988/jab.v1i2.40

Keywords:

fasilitas pendidikan, komite sekolah, ruang kelas baru

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengekspolasi secara mendalam partisipasi masyarakat dalam pemenuhan fasilitas pendidikan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cicalengka 4 Bandung. Hasil penelitian menggambarkan lima kategori partisipasi masayarakat dalam pemenuhan fasilitas pendidikan, yaitu penyedia fasilitas, pengawas pembangunan, peran komite sekolah, Partisipasi tenaga, partisipasi dana. Dari lima peran tersebut, maka peran komite sekolah tentu akan berdampak besar dalam pemenuhan fasilitas pendidikan jika difungsikan secara maksimal.

Kata Kunci : Fasilitas Pendidikan, Komite Sekolah, Ruang Kelas Baru (RKB).

ABSTRACT

The purpose of this research is to deeply extrapolate community participation in the fulfillment of educational facilities in elementary schools. The research method used is qualitative method with case study approach. Data collection is done with interviews and documentation studies. This research was conducted at SDN Cicalengka 4 Bandung. The results describe five categories of community participation in the fulfillment of educational facilities, namely facility providers, development supervisors, the role of school committees, labor participation, fund participation. Of the five roles, the role of the school committee will certainly have a big impact in the fulfillment of educational facilities if functioned to the maximum.

Keyword: Educational Facilities, School committees, New classroom.

References

Anselm, Strauss & Juliet, Corbin. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Bungin, Burhan. (2012). Analisis Data penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John, W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitataif, dan

Campuran Edisi Ke Empat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fahruddin, F., Mangitung, D. M., & Rizal, A. (2020). Identification of Damage Level and Cost

Estimate of Building Maintenance of Elementary School. In MATEC Web of

Conferences (Vol. 331). EDP Sciences.

Hariwijaya, M, (2007) Metodologi Dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi.

Yogyakarta: elMatera Publishing.

Lunenburg, C. Fred. (2011). Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and

Performance. Sam Houstan State University, International Journal Of Management,

Business, and Administration. Vol. 14, Number 1.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santosa, Joko. (2011). Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak

Sertifikasi Guru,Iklim Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru

pada SMK Negeri di Malang Raya. Disertasi.

Taufani, A. R., & Nugroho, A. S. B. (2014). Proposed bamboo school buildings for elementary

schools in Indonesia. Procedia Engineering, 95, 5-14.

Timilehin, E.H. (2012). School facilities as correlates of students’ achievement in the affective

and psychomotor domains of learning. European Scientific Journal, 8, 208-215

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Wulansari, S., Gaffar, M. F., Komariah, A., & Suryadi, S. (2022). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMENUHAN FASILITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Al Burhan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.58988/jab.v1i2.40

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)