Kompetensi Guru PAUD dan Dampaknya terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Rista Erika STIT Al-Azmi Cianjur, Indonesia
  • Yoana Nurul Asri Universitas Nurtanio Bandung, Indonesia
  • Najma Adhia Luthfiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

anak usia dini, kompetensi guru, perkembangan anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana kompetensi guru dalam pembelajaran di sekolah dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan tahapan mengumpulkan artikel yang berkaitan dengan topik penelitian, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru menjadi faktor penentu keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya memfasilitasi perkembangan anak. Keempat kompetensi guru (kompetensi profesional, pedagogis, kepribadian, dan sosial) harus selalu dikembangkan dan ditingkatkan dalam rangka menjaga mutu dan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di sekolah. Dukungan berbagai pihak menjadi hal yang penting dalam proses peningkatan kompetensi guru ini.

References

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi kepribadian guru membentuk kemandirian anak usia dini (Studi kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28–47.

Anwar, M. R., Palmin, B., & Neno, M. E. N. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 76–83.

Hasan, A. A., Syahdia, H., Hifni, C., & Yasmin, A. (2023). KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KONIGTIF ANAK USIA DINI DI TK HAFNISA. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(2), 338–345.

Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615.

Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 1–9.

Indriani, F. D., & Kuswanto, K. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Kompetensi Guru Paud Terhadap Proses Pembelajaran. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 218–225.

Ittihad, I. (2016). Manajemen Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud (Kegiatan Swadaya Bekerjasama Dengan SKB dan Himpaudi Kecamatan Aikmel). Palapa, 4(2), 104–119.

Khairiah, Anggraini, D., Rahmanita, U., Jumanti, O., Wijiati, M., & Lestari, V. A. (2012). Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Al-Khair Journal: Management, Education, and Law, 1(2), 87–99.

Khazam, K., & Al Munir, I. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 48–61.

Lisdiyana, L. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(2), 217–234.

Misra, M., Musdiani, M., & Hayati, F. (2021). ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD SEBAGAI MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK IT AL-LATIF BEUREUNUEN, PIDIE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Mufidah, L. I. (2019). Tantangan Profesionalisme Guru pada Era Globalisasi. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 18(2), 175–186.

Mutiawati, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca pada Anak Usia 5 Tahun melalui Permainan Snake and Ladder. Jurnal Buah Hati, 5(1), 47–62.

Nazipah, N. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral. Journal of Educational Research, 2(2), 287–300.

Novela, G. T. (2023). Pengaruh Kualifikasi dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Dini di Sekolah PAUD. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 46–52.

Nurhasanah, Jailani, M. S., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101–108.

Nurtiani, A. T., & Fajriah, N. (2022). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati, 9(2), 84–96.

Nuryovi, N., Wiharna, O., & Sriyono, S. (2018). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 219–224.

Paluja, H. D., Hente, A., & Ayuningtiyas, F. (2023). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DALAM PENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 6(1), 1–13.

Pusparini, D. (2023). Kompetensi Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 11(1), 1–12.

Riyanti, E., Atikah, C., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Kecamatan Sobang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 119–129.

Rusman, A., Risnita, R., & Musa, M. (2020). Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Paedagogi Guru Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Atfhal (Ra) Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 4(2).

Saepudin, A. (2013). Problematika Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Saputra, A. (2020). Kompetensi pedagogik guru paud dalam meningkatkan nilai-nilai sosial, moral dan keagamaan melalui metode bercerita. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 85–91.

Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 63–77.

Selian, N., & Arpa, D. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Tingkat Pencapaian Pertumbuhan Perkembangan Anak PAUD di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Akademika, 17(1), 92–101.

Sopakua, S., & Ipapoto, A. R. (2020). KOMPETENSI PEDAGOGI GURU PAUD DALAM MENGELOLA PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Mara Christy, 10(1), 20–30.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Thalib, S. B., Herlina, H., & Thalib, T. (2022). Kompetensi Sosial Guru TK/PAUD dalam Pembelajaran dan Dampaknya pada Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 45–55. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/39392/18586

Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Download/29906/UU%20Nomor%2014%20Tahun%202005.pdf

Utari, T., Sofia, A., & Riswandi, R. (2015). Studi analisis pemahaman guru paud terhadap kompetensi pedagogik di kecamatan metro timur. Jurnal Pendidikan Anak, 1(5).

Wisnaini, D., & Maulida, S. (2022). Kompetensi Sosial Pendidik dalam Menerapkan Komunikasi Persuasif di Paud Harapan Bunda Purwosari Pasuruan. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 129–136. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/914/491

Downloads

Published

2024-02-14

Issue

Section

Articles

Citation Check