Penggunaan Media Gambar untuk Mengetahui Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini
Keywords:
media gambar, motivasi belajar matematika, anak usia diniAbstract
Motivasi belajar matematika merupakan sebuah stimulus yang datang dari luar maupun dari dalam diri seseorang yang mampu memberi kekuatan atau keinginan dari peserta didik akan belajar matematika. Melalui motivasi belajar yang kuat, peserta didik akan terstimulasi sehingga memiliki energi pada saat mengikuti pembelajaran di kelasnya. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor seseorang untuk mencapai suatu prestasi yang diinginkan, tak sedikit anak berprestasi memiliki motivasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis motivasi belajar anak terhadap matematika dengan memberikan perlakuan pembelajaran pada anak usia dini dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Jaya Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini di RA Miftahul Hidayah Desa Tanjung Jaya Wilayah Kabupaten Bandung Barat, yang terdiri dari 6 orang anak usia dini. Berdasarkan hasil di lapangan setelah diberikannya perlakuan kepada anak dengan pembelajaran menggunakan media gambar, terlihat bahwa motivasi anak terus mengalami peningkatan. Adanya keterlibatan anak secara aktif dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran di kelas serta tugas-tugas yang diberikan; Inisiatif dan keinginan anak untuk belajar mulai tumbuh; serta komitmen untuk terus belajar dan bertahan dalam pembelajaran mulai membaik. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika anak usia dini. Gambar-gambar yang bagus, menarik, serta penuh warna akan membuat anak tertarik, termotivasi, dan munculnya semangat untuk belajar khususnya dalam pelajaran matematika. Dengan gambar yang menarik, anak memperhatikan, mengamati, serta lebih fokus pada suatu tugas tertentu dan mempertahankannya, dan kurang mudah teralihkan oleh peristiwa yang tidak nyata.
References
Aisyah, S. (2022). Media Pembelajaran Perspektif Pendidikan Agama Islam. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 2(2), 9–29. https://doi.org/10.61456/tjie.v2i2.19
Batubara, N., Yanti, F., & Pane, E. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Berbantuan Media Question Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di Kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar. 3, 9158–9171.
Biantong, P. T., Arsyad, N., & Suroyo, S. (2023). The Effect of Puzzle Media on Learning Motivation and Mathematics Learning Outcomes in Elementary School Students. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 149–154.
Dalimunthe, E. M., & Ihsan, M. (2021). Penerapan Teori Belajar Jean Piaget dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 101115 Sihaborhoan. Ittihad, 5(2), 15–18.
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Research Article Research Article. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333.
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.
Irwan, I., Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidi, S. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 45–58. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.26432
Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis kemampuan pedagogi guru smk yang sedang mengambil pendidikan profesi guru dengan metode deskriptif kuantitatif dan metode kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44.
Kurniansyah, M. Y., Rosandi, A., & Zanthy, L. S. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LOGIS SISWA MTs. Journal On Education, 1(3), 229–235.
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903
Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–875.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurul, A., & Eny, S. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61–72.
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1).
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.
Siregar, R. H., Siregar, R. S., & Hakim, M. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini Melalui Media Gambar. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 214–226. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4125
Sumarni, C., Ramadianti, W., Syofiana, M., & Jumri, R. (2023). Hambatan belajar peserta didik pada konsep faktor persekutuan terbesar. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 145–152.
Syah, M. E., Bantam, D. J., & Jayanti, A. M. (2022). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja saat pembelajaran jarak jauh. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 58–67.
Wibowo, R. A. (2020). Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 3 Terangun. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 127–132.
Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina.