https://jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/issue/feed al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2024-12-13T12:17:22+07:00 Diwan Ramadhan Jauhari, S.Sos.I., M.Pd. diwanrjauhari@staidaf.ac.id Open Journal Systems <p><strong>al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini</strong> is a biannual peer-reviewed and open-access journal published by the Bachelor Program of Islamic Early Childhood Education (Pendidikan Islam Anak Usia Dini/PIAUD) at STAI Darul Falah in West Bandung. The primary purpose of this publication is to disseminate the latest theories and research results from all aspects within the field of early childhood education. It serves as a platform for academicians, researchers, and practitioners to publish original research articles and review articles.</p> https://jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/article/view/346 Analisis SWOT Penerapan Desain Pengembangan Pembelajaran Model Hannafin & Peck di RA Al Ihsan 2024-08-09T23:45:28+07:00 Mulyawan Safwandy Nugraha mulyawan@uinsgd.ac.id Rina Nur Azizah 2220040093@student.uinsgd.ac.id Ujang Dedih dedihujang745@gmail.com <p>Analisis SWOT dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari situasi yang ada. Analisis ini memisahkan permasalahan inti yang berasal dari internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model desain pembelajaran Hannafin &amp; Peck di RA Al Ihsan dengan pendekatan analisis SWOT (<em>Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats</em>). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan pemangku kepentingan utama di RA Al Ihsan. Analisis SWOT dilakukan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan RA Al Ihsan meliputi kepemimpinan kepala madrasah yang kuat, guru berpengalaman, dan struktur kurikulum inovatif. Namun, kelemahan utama adalah kurangnya penguasaan teknologi informasi di kalangan guru, yang menghambat efektivitas penerapan model desain pembelajaran. Peluang terletak pada adanya program pelatihan dan dukungan eksternal, sementara tantangan meliputi keterampilan teknologi yang kurang memadai yang berdampak pada variasi media pembelajaran. Keberhasilan penerapan model Hannafin &amp; Peck bergantung pada peningkatan keterampilan teknologi informasi dan variasi media pembelajaran. Pengembangan profesional yang berkelanjutan serta dukungan pemangku kepentingan sangat penting untuk mengoptimalkan efektivitas model pembelajaran ini.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/article/view/387 Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini 2024-10-02T09:17:38+07:00 Melyana Indiarsih melyanaindiarsih48@gmail.com Siti Purhasanah sitipurhasanah@staidaf.ac.id <p>Pentingnya menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini khususnya sekitar 3-5 tahun sebab pada usia ini terjadi perkembangan otak yang sangat pesat sehingga apa yang diajarkan kepada anak mampu dicerna dengan cepat dan mudah. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang berharga terutama bagi para orang tua untuk mendidik anak agar memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter ini dapat dioptimalkan melalui kegiatan edukasi yang biasanya diterapkan pada sekolah PAUD, TK atau sejenisnya. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini adalah menganalisis program yang dilaksanakan dalam mengoptimalkan pembinaan pendidikan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan instrumen observasi dan wawancara. Adapun subyek penelitian yaitu guru PAUD/TK yang berjumlah 5 orang serta 3 orang tua yang menyekolahkan anaknya di PAUD/TK/RA dari lembaga dan daerah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program seperti beribadah berjamaah, bernyanyi, bermain sambil belajar melalui beberapa jenis permainan seperti <em>market day, field trip, storytelling</em>, <em>president of the week, </em>dan hari berbagi, memberi dampak positif dalam membentuk karakter baik pada anak usia dini. Keberhasilan pembinaan karakter ini membutuhkan kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua dan lingkungan sekitar untuk mengoptimalkan pendidikan karakter pada anak usia dini.</p> 2024-12-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/article/view/393 Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Pembelajaran Aktif 2024-10-24T00:57:47+07:00 Ai Nopi Hartati ainopihartati02@gmail.com Yomima Viena Yuliana yomima.viena@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Kurikulum Merdeka menitikberatkan kebebasan dalam pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif. Namun, penerapan kurikulum ini terkadang belum optimal dalam membentuk pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk pembelajaran aktif pada anak usia dini di RA Nurul Huda Cicangkanggirang, Kec. Sindangkerta, Kab. Bandung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru pamong, dan wakil bidang kurikulum. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka terdiri dari tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aktif. Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaannya antara lain proses adaptasi terhadap kurikulum baru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah untuk mempersiapkan infrastruktur yang memadai dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka untuk membentuk pembelajaran aktif yang optimal.</p> 2024-12-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/article/view/420 Pengasuhan Digital: Mengembangkan Nilai-nilai Sosial Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Digital 2024-12-13T12:17:22+07:00 Siska Resti Maysara siska.resti@untirta.ac.id Yuliani yuliani12520@gmail.com <p>Penggunaan media digital di kalangan anak-anak usia dini telah menjadi perhatian penting, terutama saat ini anak usia dini cepat mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. Media digital dapat memengaruhi pembelajaran, perkembangan, dan interaksi sosial anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran orang tua dalam memanfaatkan media digital untuk mengembangkan nilai-nilai sosial pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah <em>Systematic Literature Review</em> (SLR), dengan analisis terhadap 10 artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bila orang tua dapat melakukan pengasuhan digital yang tepat, maka media digital dapat mendukung pengembangan keterampilan sosial yang penting pada anak usia dini. Orang tua berperan penting dalam memfasilitasi, membatasi, dan mengatur interaksi anak-anak mereka dengan media digital. Penelitian ini menegaskan pentingnya mediasi orang tua untuk menciptakan keseimbangan antara keterlibatan digital dan pembelajaran berbasis permainan, sehingga mendukung perkembangan sosial anak secara holistik.</p> 2024-12-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini