Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Pembelajaran Aktif

Authors

  • Ai Nopi Hartati TK Negeri Cililin, Indonesia
  • Yomima Viena Yuliana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

Keywords:

Kurikulum merdeka, Pembelajaran aktif, Anak usia dini

Abstract

Kurikulum Merdeka menitikberatkan kebebasan dalam pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif. Namun, penerapan kurikulum ini terkadang belum optimal dalam membentuk pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk pembelajaran aktif pada anak usia dini di RA Nurul Huda Cicangkanggirang, Kec. Sindangkerta, Kab. Bandung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru pamong, dan wakil bidang kurikulum. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka terdiri dari tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aktif. Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaannya antara lain proses adaptasi terhadap kurikulum baru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah untuk mempersiapkan infrastruktur yang memadai dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka untuk membentuk pembelajaran aktif yang optimal.

References

Abdullah, Y., Rahmawati, & Damhuri. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembela jaran di SDN 04 Duhiadaa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 88–105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1294

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Al-Akmam, M., & Pahmi, S. (2024). KONSEP MERDEKA BELAJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM KACAMATA FILSAFAT PROGRESIVISME. JS (JURNAL SEKOLAH), 8(2), 339. https://doi.org/10.24114/js.v8i2.56805

Alam, R., & Shakir, M. (2019). Causes of the Passive Attitude in Children at Early Grade Level. 1(1), 16–21. https://doi.org/10.36923/IJSSER.V1I1.24

Ali, A. M. H., Fauziah, P. Y., & Latif, M. A. (2023). Eksplorasi Lingkungan dalam Pembelajaran Anak di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5575–5584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5181

Althuwaybi, A. (2020). The Importance of Planning Intellectually Challenging Tasks. Educational Considerations, 45(3), 9. https://doi.org/10.4148/0146-9282.2198

Amdani, D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: S tudi Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126–4131. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2145

Aprilianti, F., & Rindaningsih, I. (2024). EVALUATION OF SUPERVISION TEACHER PERFORMANCE IN EARLY CHILDHOOD EDUCA TION. Academic Journal Research, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.61796/acjoure.v2i1.60

Braslauskiene, R., Turauskienė, E. T. E., & Vaičiulienė, J. V. J. (2022). Active Learning Methods in Developing Children’s Language Skills at Pre-School Age: Teachers’ Attitudes. Regional Formation and Development Studies, 29–42. https://doi.org/10.15181/rfds.v37i2.2419

Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101.

Ergawati, E., Affan, I., Zulfahmi, T., Liesmaniar, C., Marsithah, I., & Milfayetty, S. (2023). Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaan. JGK (Jurnal Guru Kita). https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.42464

Fadhilah, W., Indriyani, T., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.42

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Garnika, E., Rohiyatun, B., & Muslim, A. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 106–116. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1776

Guirguis, R. (2018). Should We Let them Play? Three Key Benefits of Play to Improve Early Childhood Programs. International Journal of Education, 6(1), 43–49. https://doi.org/10.18488/JOURNAL.61.2018.61.43.49

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Hasibuan, R. H., & Ningsih, A. D. (2023). Analysis of Independent Curriculum Based on Differentiated Learning Early Childhood Education Level. Jurnal PGPAUD Tambusai STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5881

Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA ANAK USIA DINI. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312

Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Sudadi, S., Malik, L. R., & Anwar, H. C. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2659–2670. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4507

Karlıdağ, İ. Ö. (2022). Pre-school Teachers’ Opinion on Active Learning. Bartın üniversitesi eğitim fakültesi dergisi, 11(1), 235–247. https://doi.org/10.14686/buefad.923137

Kusuma, T. C. (2023). Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lem baga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 234. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52443

Latifah, Z., Anwar, K., & Yuliansyah, M. (2023). MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI TK AZZAHRA DAN UPTD TK NEGERI PEMBINA BAJUIN. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(2), 1. https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11504

Mahfudza, A., Siregar, F. N. Z., Munadia, K., & Afifah, Z. (2023). Kekurangan persiapan yayasan dalam membangun pendidikan di tk ar rahman. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3545

McGowan, A. L., Chandler, M. C., & Gerde, H. K. (2023). Infusing Physical Activity into Early Childhood Classrooms: Guidance for Best Practices. Early Childhood Education Journal, 1–18. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01532-5

Mukhtar, Z. (2020). Analisis Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dengan Asesmen Anecdotal Record. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 70. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9501

Muurlink, O., & Thomsen, B. (2024). Qualitative Research Approaches to Social Phenomena. 99–110. https://doi.org/10.4324/9781003362715-10

Muzdhalifah. (2023). Pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar anak usia di ni. Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan, 7(02), 97. https://doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.361

Najmi, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Hasil Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Al – Uswah Delanggu. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 3(2), 23. https://doi.org/10.30587/jieec.v3i2.6585

Ngaisah, N. C., Munawarah, & Aulia, R. (2023). PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Nikoladze, M. G. (2023). Student-centered educational process and protection of children’s rights. Ena da Kultura. https://doi.org/10.52340/lac.2023.30.22

Nurdiana, R. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i2.25

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah (2024). https://peraturan.go.id/files/permendikbudristek-no-12-tahun-2024.pdf

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780

Pica, R. (2008). In Defense of Active Learning. Young Children, 63(6), 52–53.

Purwaningsih, P., Munawar, M., & Prasetiyawati Dyah Hariyanti, D. (2022). Analisis Pembelajaran Lingkungan Sosial Berbasis STEAM pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13–23. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.68

Rahayu, C., Warlizasusi, J., Ifnaldi, I., & Khairiah, D. (2022). Concept analysis of the independent learning curriculum in the mass of covid 19 at early childhood education institutions. Al-Athfaal, 5(1), 25–37. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i1.11459

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Ramadhan, I. (2023). Dinamika implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah pada aspek perangkat dan proses pembelajaran. Academy of Education Journal: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Nurjanah, N. E., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Widiastuti, Y. K. W., & Nazidah, M. D. P. (2023). Implementasi manajemen pembelajaran proyek berbasis Kurikulum Merdeka di lembaga paud. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 567–578.

Saputri, N., Ramanda, R., Widiyanti, D., Yolanda, N., & Nasution, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui metode bermain kelompok untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak usia dini di upt. tk negeri pembina lima pluh kecamatan lima puluh kabupaten batu bara. https://doi.org/10.62214/jalfal.v1i2.147

Sari, N. (2023). Revitalisasi Permainan Edukatif untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Penarikan Kesimpulan. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.24952/gender.v6i2.4981

Sarumaha, M. S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). 1764(1), 012098. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012098

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Siregar, M., Indryani, I., Asmara, E. D., Sarniya, A., & Sulistiani, S. (2023). Asesmen Perkembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 9(3), 375. https://doi.org/10.24114/jud.v9i3.55406

Stanciu, O., Jones, A., Metzner, N., Fandakova, Y., & Ruggeri, A. (2024). The differential impact of active learning on children’s memory. Developmental Psychology. https://doi.org/10.1037/dev0001714

Suwaidi, S. Al. (2024). Active Learning From Early Childhood to Adolescence and Beyond. Dalam Advances in educational technologies and instructional design book series (hlm. 13–30). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0880-6.ch002

Tobondo, Y. A. (2024). Challenges and Solutions in the Implementation of Educational Policies in Indonesia: A Literature Analysis of Merdeka Belajar Kampus Merdeka and Teacher Reform. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1157–1164.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wulandari, H., & Poerwanti, E. (2023). ANALISIS PENILAIAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 463–470. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.148

Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842

Yorulmaz, A., & Çekirdekci, S. (2021). A Look at the Processes of Developing Math Activities: Pre-service Primary Teachers. 4(3). https://doi.org/10.31014/AIOR.1993.04.03.327

Zebua, L. A., Melani, A., Mariana, F., Rijqia, R., Apriyadi, U. E., Sulaiman, Z., & Sumarno, D. I. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Dilingkungan Dusun III Cikiwul Kampung Legok Batu Desa Ridogalih Kec. Cikakak Kab. Sukabumi. Jurnal Abdi Nusa, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v3i1.84

Zuhr, M. S., & Nasir, M. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384

Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Ana k Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951

Downloads

Published

2024-12-14

Issue

Section

Articles

Citation Check