Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini
Keywords:
pendidikan karakter, anak usia dini, program pendidikanAbstract
Pentingnya menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini khususnya sekitar 3-5 tahun sebab pada usia ini terjadi perkembangan otak yang sangat pesat sehingga apa yang diajarkan kepada anak mampu dicerna dengan cepat dan mudah. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang berharga terutama bagi para orang tua untuk mendidik anak agar memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter ini dapat dioptimalkan melalui kegiatan edukasi yang biasanya diterapkan pada sekolah PAUD, TK atau sejenisnya. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini adalah menganalisis program yang dilaksanakan dalam mengoptimalkan pembinaan pendidikan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan instrumen observasi dan wawancara. Adapun subyek penelitian yaitu guru PAUD/TK yang berjumlah 5 orang serta 3 orang tua yang menyekolahkan anaknya di PAUD/TK/RA dari lembaga dan daerah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program seperti beribadah berjamaah, bernyanyi, bermain sambil belajar melalui beberapa jenis permainan seperti market day, field trip, storytelling, president of the week, dan hari berbagi, memberi dampak positif dalam membentuk karakter baik pada anak usia dini. Keberhasilan pembinaan karakter ini membutuhkan kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua dan lingkungan sekitar untuk mengoptimalkan pendidikan karakter pada anak usia dini.
References
Agustina, F. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode Story Telling. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2). https://doi.org/10.58836/jpma.v10i2.6408
Agustina, V., & Aini, S. N. (2021). Penanaman Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi di RA Muslimat Tanwirut Thullab. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 22–28. https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.133
Amini, N. A., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 147–157. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Brain Balance Centers. (2024). Normal Attention Span Expectations by Age. https://www.brainbalancecenters.com/blog/normal-attention-span-expectations-by-age
Farhan, M. (2021). Character Education Through Learning Method Field Trip In Kindergarten Kusuma Mulia Sugihwaras Purwoasri Kediri. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 108–116. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.223
Fathah, S. N., Lestari, G. D., & Yulianingsih, W. (2024). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1051–1061. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.590
Febriyanti, F., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Kewirausahaan “Market Day” di SD IT Abu Bakar Ash-Shiddiq. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 231–240. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32926
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34–40. https://doi.org/10.31316/jk.v2i2.1294
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah khususnya SMA/SMK di zaman serba digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606
Mislikhah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.39
Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(01), 83–97.
Nuria, R., & Anam, K. (2022). Dampak Gaya Pengasuhan Orang Tua terhadap Sikap Nomophobia pada Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 63–69. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.39
Rohman, S. (2021). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini: di MI Sekecamatan Bandar Mataram. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.53
Sapuroh, S. (2022). Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di SMP Negeri 9 Rejang Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 323–332.
Sukatma. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 55–62. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.515
Yulianti, Y., Munajat, A., & Elnawati, E. (2022). Meningkatkan konsentrasi anak usia dini melalui media video pembelajaran. Indonesian Journal of Instructional Technology. https://doi.org/10.49056/ijit.vi.356