Analisis SWOT Penerapan Desain Pengembangan Pembelajaran Model Hannafin & Peck di RA Al Ihsan

Authors

  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Rina Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ujang Dedih UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

analisis SWOT, desain pengembangan pembelajaran, model Hannafin & Peck, pendidikan anak usia dini

Abstract

Analisis SWOT dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari situasi yang ada. Analisis ini memisahkan permasalahan inti yang berasal dari internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model desain pembelajaran Hannafin & Peck di RA Al Ihsan dengan pendekatan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan pemangku kepentingan utama di RA Al Ihsan. Analisis SWOT dilakukan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan RA Al Ihsan meliputi kepemimpinan kepala madrasah yang kuat, guru berpengalaman, dan struktur kurikulum inovatif. Namun, kelemahan utama adalah kurangnya penguasaan teknologi informasi di kalangan guru, yang menghambat efektivitas penerapan model desain pembelajaran. Peluang terletak pada adanya program pelatihan dan dukungan eksternal, sementara tantangan meliputi keterampilan teknologi yang kurang memadai yang berdampak pada variasi media pembelajaran. Keberhasilan penerapan model Hannafin & Peck bergantung pada peningkatan keterampilan teknologi informasi dan variasi media pembelajaran. Pengembangan profesional yang berkelanjutan serta dukungan pemangku kepentingan sangat penting untuk mengoptimalkan efektivitas model pembelajaran ini.

References

A. Dousay, T., & Maribe Branch, R. (2015). Survey of Instructional Design Models. Brill. https://doi.org/10.1163/9789004533691

Andriani, P. T., Sudatha, I. G. W., & Suartama, I. K. (2021). E-Summary Teaching Materials with Hannafin & Peck Models for Training

Participants in the Human Resources Development Agency. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(3), 534. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.40131

Dahmayanti, S., Nugraha, M. S., & Tarsono, T. (2024). Analisis Penerapan Model Hannafin and Peck sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran yang Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK. Islamika, 6(1), 236–254. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4243

Erika, R., Asri, Y. N., & Luthfiah, N. A. (2024). Kompetensi Guru PAUD dan Dampaknya terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Al Muhadzab, 01(01), 32–44. https://jurnal.staidaf.ac.id/index.php/almuhadzab/article/view/274

Isniati, & Fajriansyah, M. R. (2019). Manajemen Strategik: Intisari Konsep dan Teori. Andi yogyakarta.

Khamim, K., & Wiyani, N. A. (2022). Analisis SWOT Terhadap Penerapan Pembelajaran Tematik di MI Ma’arif NU 1 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 3724–3734. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.2942

Loka, D. N., & Robiah, R. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini. Al-Muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(01), 45–55. https://jurnal.staidaf.ac.id/index.php/almuhadzab/article/view/275

Magdalena, I., Khoirunisah, Putriana, R., & Nabilah, S. (2023). Peran Evaluasi Berkelanjuran Dalam Identifikasi dan Implementasi Kebutuhan Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i4.2157

Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhaliza, S. (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 241–265. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Marjohan, & Atikah, C. (2024). Analisis SWOT Pada Lembaga Pendidikan. Journal on Education, 06(02), 11197–11206. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/4700/3861/

Mulyadi, R., & Ruhiat, Y. (2022). Pengembangan Konten Materi Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Prezi Video. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9490

Murjani, M. (2022). Pendidikan Masa Depan Indonesia (Analisis Swot, Som, Inter Dan Multidisipliner). Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(1), 19–33. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/55

Muthmainnah, T., Udin, T., Sianturi, M. K., Nasution, S. I., Purnomo, A., Rifai, A., Nur, S., Awaru, A. O., & Syamsuddin, N. (2022). Sistem Model dan Desain Pembelajaran. Dalam M. Guntur, N. W. Amaliah, & M. Humairo (Eds.), Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Nurfarida, R., Fatimah, I. F., Ruswandi, H. U., & Arifin, B. S. (2021). Metode Pembelajaran Pai Pada Anak Usia Dini. Cross-Border, 4(2), 1–15. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/download/621/486

Rahman, Z. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbasis Blended Learning. Wineka Media.

Relina, M., Rasya, N. A., & Falayati, R. (2019). Swot Analysis As a Company’S Strategy in Winning Business At the Rumah Kebaya Nora Modeste and Butiq Pekanbaru Analisis Swot Sebagai Strategi Perusahaan Dalam Memenangkan Bisnis Pada Rumah Kebaya Nora Modeste Dan Butiq Pekanbaru. Research In Accounting Journal, 1(3), 331–342. http://journal.yrpipku.com/index.php/raj%7C

Schildkamp, K., van der Kleij, F. M., Heitink, M. C., Kippers, W. B., & Veldkamp, B. P. (2020). Formative assessment: A systematic review of critical teacher prerequisites for classroom practice. International Journal of Educational Research, 103, 101602. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101602

Seniati, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Pecahan di Kelas V MIN 2 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 38–47. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.1991

Syafitri, N.F. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storylinemateri Tata Surya Kelas 6 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(3), 227–236. https://www.bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/7102

Utsalina, D. S., & Primandari, L. A. (2020). Analisis Swot Dalam Penentuan Bobot Kriteria Pada Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Analytic Network Process. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(1), 51–60. https://doi.org/10.35457/antivirus.v14i1.889

Wahidah, N. I., Sakung, N. T., Festiana, I., Rikarda, W. A., & Komarudin, A. (2021). Analysis of Needs in The Development of Website-Based E-Modules for Self-Study. International Journal of Education, Information Technology and Others, 4(4), 667–673. https://doi.org/10.5281/zenodo.5747017

Wardana, A., & Wiyani, N. A. (2022). Analisis SWOT terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN 3 Purbalingga. Qalam: Jurnal Ilmu, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.33506/jq.v11i1.1593

Yuli Yanti, I., Pudjawan, I. K., & Wayan Suwatra, I. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin Anf Peck Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Technology, 4(1), 67. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles

Citation Check