Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini

Authors

  • Dian Novita Loka RA Ash-Shaadiqiin Bandung, Indonesia
  • Reina Siti Robiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

anak usia dini, kemampuan kerja sama, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Kemampuan bekerja sama merupakan proses sosial yang penting di masa kanak-kanak, aktivitas kerja sama dapat menstimulasi aspek-aspek perkembangannya. Model pembelajaran berbasis proyek memfasilitasi anak untuk berbagi kemampuan, berkolaborasi dengan teman di dalam kelompoknya sehingga menimbulkan kecenderungan berpikir dan bertindak untuk tujuan kelompok. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan kerja sama anak usia dini di RA Ash-Shaadiqiin terdiri dari beberapa tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan, guru menyusun program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian dengan memanfaatkan media yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak; 2) tahap pelaksanaan, guru melaksanakan tahapan pembelajaran, membahas tema dan sub tema, melakukan tahapan model pembelajaran berbasis proyek; 3) tahap evaluasi, guru melakukan penilaian sikap anak, memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak, dan mempersilakan anak untuk mempresentasikan hasil karyanya. Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) ini dapat menjadi alternatif bagi guru dalam kegiatan pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan, mendorong anak untuk aktif dan kreatif serta membentuk kemandirian belajar pada anak.

References

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199.

Asiyah, B. (2020). The Bullying Experience in High School Students by the Teacher is reviewed from Psychological Theory. Proceedings of The ICECRS, 8.

Dewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220–235.

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi stem untuk mengingkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60.

Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2004). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education. Taylor & Francis US.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72.

Kartika, M., Khoiri, N., Sibuea, N. A., & Rozi, F. (2021). Learning By Doing, Training And Life Skills. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 1(2), 91–103.

Kurniansyah, M. Y., Rosandi, A., & Zanthy, L. S. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LOGIS SISWA MTs. Journal On Education, 1(3), 229–235.

Maysara, S. R., Dahlan, T. H., & Yulindrasari, H. (2021). “They are Empty Baskets”: Teachers’ Perspective on Violence Among Children. 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 71–76.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, ed. rev. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47.

Nurhayati, A., Dewi, N. N. A. I., Retnoningtias, D. W., Fitri, Z., Herwina, W., Yusuf, M., & Jauhari, D. R. (2023). Parenting Anak Usia Dini. Haura Utama.

Puspita, W. A. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indo Camp.

Saepulloh, S., Komarudin, K., & Gunawan, A. (2023). PENDAMPINGAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD ARSHELIA PASIR BUNGUR DESA RANCASENGGANG KECAMATAN SINDANGKERTA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Al Maesarah, 2(1), 11–16.

Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. MOTORIC, 1(1), 10.

Suminar, U., Saabighoot, Y. A., Mashudi, E. A., Rumanta, M., & Meilya, I. R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 540–554.

Susanti, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 35–42.

Downloads

Published

2024-02-14

Issue

Section

Articles

Citation Check