Pengaruh Screen Time terhadap Perkembangan Anak Usia Dini
Keywords:
anak usia dini, waktu layar, gawai, perkembangan anakAbstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh screen time terhadap perkembangan anak usia dini dan bagaimana peran orang tua dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, mengumpulkan atau mencari artikel yang relevan, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa screen time yang berlebihan (di luar batas kewajaran) dapat berdampak negatif bagi berbagai aspek perkembangan anak, mulai dari perkembangan kognitif, bahasa, fisik motorik, dan sosial emosional. Peran orang tua sangat diperlukan dalam rangka mencegah dan mengatasi dampak negatif dari aktivitas screen time anak usia dini ini. Pendampingan orang tua ketika anak melakukan aktivitas screen time menjadi salah satu cara untuk meminimalisasi dampak negatif dari penggunaan perangkat elektronik oleh anak usia dini.
References
Abida, L. L., Pertiwi, N. F. A., & Ali, M. (2022). META-ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK. Jurnal Fisioterapi dan Kesehatan Indonesia, 2(02).
Ayuningtyas, D. (2023). Hubungan Screen Time dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TK ABA Al Mujahidin Wonosari. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada.
Azlina, F., & Surjadi, L. M. (2023). Waktu Pajanan Layar dan Keterlambatan Perkembangan pada Anak Balita di Tanjung Duren–Jakarta Barat. Journal of Medicine and Health, 5(2), 136–145.
Batubara, M., Nasution, M. I. M., Syahrin, T. A., Lubis, M. Y., Nujaima, I., & Husna, A. U. (2023). PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8106–8112.
Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat. (2023). Profil Anak Usia Dini 2023. Badan Pusat Statistik.
Fadlilah, S., & Krisnanto, P. D. (2019). Analisis Penggunaan Gadgegt dan Interaksi Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Taman Kanak-Kanak Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2).
Fat’aningsih. (2023). Dampak Youtube terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Desa Pasir Indah Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. UIN Sultan Syarif Kasim.
Hartati, S., Rachmawaty, M., Rachmat, I. F., & Maryani, I. (2023). The Effect of Smartphone Addiction in Early Childhood Towards Emotional Development: A Correlational Study. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 17(1).
Haura, F. M., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran Screen Time Dan Gadget Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 396–401.
Hsb, N. F., Kholida, N., Rahmi, N., Maghfiroh, M., & Sitorus, M. (2023). THE EFFECT OF PHONE USE ON EARLY CHILDREN’S SOCIAL EMOTIONAL DEVELOPMENT. Jurnal Scientia, 12(03), 2276–2282.
Imron, R. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148–154.
Irmayani, Sunarti, & Alam, R. I. (2021). Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Gadget. Window of Nursing Journal, 2(1), 64–72. https://doi.org/10.33096/won.v2i1.290
Karimah, L. S., Deporos, S. R. C., Kustiawan, U., & Maningtyas, D. T. (2022). Does TikTok Effective in Stimulating Language Development for Children Aged 5-6? Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(1), 11–22.
Kholilah. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak USIA Dini Di Kelompok A RA Miftahul Ulum 1 Pesanggar Pegantenan Pamekasan. IAIN Madura.
Kirana, A. (2023). PENGARUH FREKUENSI PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN.
Mahfuji, M., & Lastriani, K. (2023). Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-8 Tahun Di Desa Serang Kecamatan Cikarang Selatan. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 37–48.
Merriam-Webster. (t.t.). Screen Time. Diambil 30 Desember 2023, dari https://www.merriam-webster.com/dictionary/screen%20time
Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2).
Mortensen, S. R., Schmidt-Persson, J., Olesen, L. G., Egebæk, H. K., Boye, H., Bilenberg, N., & Grøntved, A. (2023). Parental Recreational Screen Media Practices and Behavioral Difficulties Among Danish 7-Year-Old Children. Academic Pediatrics, 23(3), 667–674.
Nofiani, F. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Perilaku Egosentris, Agresif Dan Pembangkangan Anak Usia Dini Di TK Islam Al-Husna Cisereh. UIN Syarif Hidayatullah.
Nurhamida, Marhun, M., & Inten, D. N. (2023). Studi Deskriptif Penerapan Screen Time terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 55–62.
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2022). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 31–47.
Oswald, T. K., Rumbold, A. R., Kedzior, S. G. E., & Moore, V. M. (2020). Psychological impacts of “screen time” and “green time” for children and adolescents: A systematic scoping review. PloS one, 15(9), e0237725.
Pamuji, S. D. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Mental Emosional Anak Prasekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan.
Paramita, P. E., Zulkifli, Z., Aziz, F., & Supendi, D. (2023). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF GADGETS ON CHILDREN’S EMOTIONAL INTELLIGENCE. Jurnal Scientia, 12(01), 132–137.
Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 375–397.
Purwanto, N. P., & Adjie, E. K. K. (2021). KORELASI SCREEN TIME TERHADAP PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA 2-5 TAHUN. Ebers Papyrus, 27(2), 66–74.
Rachmat, I. F., Hartati, S., & Erdawati, E. (2021). Pengaruh kecanduan gawai terhadap disregulasi emosi anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(2), 33–45.
Rideout, V., & Robb, M. B. (2017). The Common Sense census: Media use by kids age zero to eight. San Francisco, CA: Common Sense Media, 263, 283.
Ruslianti, Sabariah, Saqinah, F., & Susanti, D. (2023). Perkembangan Otak Anak Usia Dini dan Dampaknya pada Kehidupan Seumur Hidup. Jurnal Tambora, 7(1), 302–311.
Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 1, 691–697.
Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496–2504.
Simanjuntak, S. (2023). LITERATUR REVIEW: PENGARUH SCREEN TIME TERHADAP MASALAH PERILAKU ANAK. JURNAL KEPERAWATAN, 11(1), 64–80.
Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).
Subdirektorat Statistik Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial. (2020). Profil Anak Usia Dini 2020. Badan Pusat Statistik.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulaiman, J. M. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19:(The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 2(2), 94–106.
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Download/32160/UU%20Nomor%2020%20Tahun%202003.pdf
World Health Organization (WHO). (2019). Guidelines on Physical Activity, Sedentary Behaviour and Sleep for Children Under 5 Years of Age. https://iris.who.int/bitstream/handle/10665/311664/9789241550536-eng.pdf?sequence=1