EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58988/almubtadi.v2i2.345Keywords:
Learning Media, Writing Skills, Elementary SchoolAbstract
The low narrative writing skills of elementary school students, stemming from a lack of effective and engaging teaching methods. The main objective of this study is to evaluate the effectiveness of using serial picture media in improving elementary students' narrative writing skills. This research employs a literature review approach, analyzing various relevant scientific sources to draw insights from previous findings. Data collection methods involve documentation techniques, utilizing journals, books, and scientific articles as instruments. The data analysis method used is content analysis. The findings indicate that the use of serial pictures significantly enhances writing skills, including narrative structure, language use, and student creativity. Additionally, student motivation for learning increases with this media. The conclusion of this study underscores the importance of implementing serial pictures in writing instruction and suggests developing digital resources to address access and resource challenges. This research implies the need for collaboration among teachers, schools, and communities to provide adequate support.
References
Agustina, E. (2019). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui media gambar berseri pada peserta didik kelas IV Mima IV Sukabumi Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1988). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia.
Amam, F. A. (2019). Pengembangan kemampuan menulis dengan media gambar berseri pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Bulupayung 04 Kesugihan Cilacap.
Annisa, D. (2014). Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV: Penelitian quasi eksperimen di SD Putra Jaya Depok.
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Fasica, N. F., Puspitaningtyas, A. R., & Rahmania, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Melalui Media Gambar Di Sekolah Dasar. Mimbar Integritas: Jurnal Pengabdian.
Fasica, N. F., Puspitaningtyas, A. R., & Rahmania, S. (2024). Meningkatkan kemampuan bercerita siswa melalui media gambar di sekolah dasar. Mimbar Integritas: Jurnal Pengabdian.
Fijriyani, P., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2023). Kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini dalam menerapkan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai keislaman. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran.
Filindity, Y. T., & Kayadoe, V. (2020). Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kreativitas Siswa.
Harahap, S. H., Nur, S. F., & Retta, E. M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research.
Hasan, H. (2021). Peran media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan siswa sekolah dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 169-175.
Herawati, S. (2016). Pemanfaatan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 35-44.
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan penyusunan studi literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1-9.
Kurniawati, R. P., Rulviana, V., Soeprijadi, M., Laksana, D., Pratama, D. P., Kualitas Guru, M., Interaktif, M., Pengabdian, J. I., Masyarakat, K., Biru, L., Penerbangan, P., & Curug, I. (2022). Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif Guna Mengoptimalisasi Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru.
Lastaria, L., Arnisyah, S., & Astuti, A. D. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Rakyat pada Guru Bahasa Indonesia SMA Sekalimantan Tengah. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Mariati. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa berbantuan media gambar seri di kelas VI SD Negeri 025 Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), Vol. 3, No.3, 455-461.
Naibaho, A. P., Daeli, P. J., & Rena, D. S. (2023). Guru dan Media Visual: Upaya dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Bagi Anak Usia Dini. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan.
Noperita, A., Margiati, K., Pgsd, H. K., Tanjungpura, F. U., Kunci, K., Metode, Kelompok, K., & Matematika, P. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II.
Oktaviana, E. (2017). Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas III di SDN Gedong 03 Pagi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 9(1), 109-128.
Piyatim, I. (2014). Peningkatan kemampuan mengarang narasi melalui media gambar berseri peserta didik kelas III MI Darul Ulum Sidojangkung Menganti Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Purwanto, M. E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar.
Putri, Y. E. (2018). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Quinn, G. (2018). Bergawai-ria: merenungkan pendemokrasian teknologi digital dalam pembelajaran bahasa.
Restu Subekti, E., Suhartiningsih, D., & Khutobah, M. P. (2014). Meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan media kartu gambar berseri siswa kelas IV SD Negeri Gumukmas 03 Jember.
Ripin, M. (2017). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas III semester 2 SDN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2015/2016. JURNALISTRENDI: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 2(2).
Riyadi, S. (2016). Penggunaan gambar ber-seri dalam pembelajaran insya’ muwajjah untuk meningkatkan keterampilan menulis.
Rosalina Prilli Ayu Wardhani, R., Hari Satrijono, H., & Suhartiningsih, S. (2013). Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo pelajaran 2012/2013.
Rosidah, N. (2018). Penggunaan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Jati Baru Tanjung Bintang.
Saddiah, S. (2015). Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sis Aljufri Tatura Palu. Bahasantodea, 3(1).
Sahno, S. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan.
Saparina, D. D. (2008). INOVASI pengajaran kaiwa tingkat.
Sari, V. K. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman konsep pada subtema 2 lingkungan sekitar rumahku kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang.
Sari. M. (2020). Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science. ISSN 2715-470.
Setiawan, A. (2010). Pemanfaatan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Sragen tahun ajaran 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setiawan, A. (2010). Pemanfaatan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Sragen tahun ajaran 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas) [Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Simamora, F. A., Harahap, S. H., & Haris, A. (2024). Menggali Potensi Diri Melalui Pengembangan Keterampilan Berbicara dan Menulis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research.
Sriyani, L., Ramdani, D., & Tandililing, E. (2012). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V Mis Darul Ulum Sayan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8).
Subekti, A. (2009). Upaya meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Manyaran melalui penggunaan media gambar berseri (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Sugiannoor, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Gambar Berseri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.
Sugiharti, R. E., & Wulandari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VA Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Ad-Damawiyah Cibitung. Pedagogik, Vol. V(2), 1-12.
Sugilar, R. A. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sari Asih Desa Cilamaya Girang Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sunaryo, S., Dwihartantri, S., & Sunardin, S. (2020). Pelatihan Media Visual Non Proyeksi Berbasis Komputer Karakteristik IPS di Sekolah Dasar.
Susanti, A. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Susanti, E. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV SDN Wonoharjo 1 Desa Wonoharjo Wonogiri Tahun Ajaran 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas).
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wardani, S. (2017). Media pembelajaran berbasis animasi untuk pembelajaran tematik pada siswa sekolah dasar.
Wardoyo, Y. P., Cholidah, C., & Suwandayani, B. I. (2023). Pendampingan sekolah ramah anak dalam menumbuhkan kesadaran hukum sejak dini pada siswa di SD Muhammadiyah 3 Assalam. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Wati, D. P., Trisudarmo, R., & Supratman, S. G. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran pada Guru SD di Desa Nanggela. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.
Wijaya, N. K. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalangbancar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).











